Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Serta Tips Belajar Kecapi Sunda Untuk Pemula

Teknik Dasar Serta Tips Belajar Kecapi Sunda Untuk Pemula - Sahabat, saya yakin walaupun tidak semua orang dapat  memainkan alat musik petik dari Jawa Barat ini, minimalnya sudah pernah lihat orang yang sedang memainkan kecapi atau sekedar melihat bentuk kacapi.

Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang bergam alat musik tradisional dari setiap daerah di Indonesia maka saya mencoba menulis artikel sederhana mengenai pengetahuan, teknik dasar serta tips belajar kecapi sunda untuk pemula.

Sebenarnya alat musik petik yang mempunyai bentuk sama dengan kecapi Sunda juga dimilki oleh karawitan Jawa dengan sebutan yang berbeda yaitu siter. Malah sekilas hampir mirip dengan bunyi yang sama dihasilkan oleh alat musik dari Cina, Sering jadi selorohan bagi kalangan praktiksi seni jika menyetel nada pada laras salendro tidak pada nada yang benar (pas) suka disebut dengan suara slendro Cina.

Sebelum saya membahas tentang teknik dasar bermain kecapi dan tispnya alangkah lebih bijaknya jika kita berkenalan dulu dengan alat musik yang satu ini. Ada kata pepatah tak kenal maka tak akan sayang .
Teknik Dasar Serta Tips Belajar Kecapi Sunda Untuk Pemula
gambar :wikipedia.org
Pengertian atau definisi singkatnya kecapi adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat atau Pasundan yang cara membunyikannya dipetik. 

Walaupun sebenarnya  pada paraktiknya cara membunyikannya bukan hanya dipetik akan tetapi secara khusus ada yang disebut disinteruk, ditoel, diranggeum, digembyang,dijeungkalan, dll. 

Jumlah kawat atau dawai kecapi berbeda-beda ada yang 15 dawai, 18 dawai dan ada juga yang berjumlah 19 dawai.

Bunyi nada yang dihasilkan dari kecapi berasal dari beberapa kawat yang direntangkan, di atas sebuah kotak kayu yang dibentuk sedemikian rupa. 

Susunan nada yang dihasilkan dihasilkan dari perbedaan ukuran rentang kawat, kekuatan rentangan kawat serta volume masing –masing kawat kecapi. 

Misalnya semakin pendek jarak kawat maka nada suranya semakin tinggi ini dapat dilihat dari deretan kawat bagian palih bawah. 

Sangat berbeda dengan hasil suara yang dihasilkan oleh deretan kawat kecapi dibagian atas yang mempunyai panjang kawat, rentang kawat, serta volume kawat maka suara yang dihasilkanya cenderung bernada bass.

Kecapi sebagai alat musik melodis dalam karawitan Sunda dapat berfungsi mandiri atau pun sebagai pengiring (atau melengkapi). 

Misalnya pada pertunjukan kecapi suling atau tembang Sunda kecapi digunakan secara mandiri, artinya tidak ada alat musik lain yang dapat menggantikan posisinya atau tugasnya.

Jenis- jenis Kecapi :

Kecapi dapat dibedakan dari bentuk dang fungsinya ke dalam tiga jenis kecapi. Apa saja itu ? Nih, coba dibaca ya, Sobat !

1.  Kecapi Tembang 

    Ada sebutan lainya kecapi indung sebutan lainya lagi kecapi perahu. Disebut dengan istilah kecapi perahu mungkin disebabkan oleh bentuknya mirip dengan perahu. Ragam kecapi ini lazimnya digunakan pada kesenian tembang Sunda (Cianjuran). Kecapi perahu atau kecapi indung mempunyai karakter bunyi yang lembut (merdu).


2.    Kecapi Rincik

Kecapi rincik biasanya berdampingan dengan penggunaan kecapi indung atau kecapi perahu pada pertunjukan kesenian tembang sunda. Dari sisi bentuk hampir sama dengan bentuk kecapi indung namun hanya ukurannya saja yang berbeda. 

Fungsi dari kecapi rincik yaitu membuat lilitan melodi lagu sehingga iringan musik terasa lebih berisi.
3.    Kecapi siter (kecapi kawih)

     3  Kecapi Siter

Jenis selanjutnya adalah jenis kecapi siter. Kecapi jenis ini lebih popular dengan sebutan kecapi kawih mungkin dikarenakan kecapi jenis ini sering digunakan untuk mnegiringi lagu-lagu jenis kawih. 

Selain itu kecapi jenis siter lebih popular dimasyarakat karena bentuknya yang simple dan harga pembeliannya relative lebih murah dibandingkan dengan harga kecapi perahu (kecapi tembang Sunda).

Bagian –Bagian Kecapi (Organologi Kecapi)

Sahabat, pembahasan organologi kecapi dalam pembahasan ini, yaitu mengenai bentuk kecapi jenis kecapi siter. Baiklah kita bahas satu persatu apa saja yang ada dalam dengan segala keunikan istilahnya :

1.  Kotak berbentuk travesium yang dibagian belakangnya terdapat sebuah lubang sebagai ruang resonator disebut dengan istilah awak kecapi atau imah kacapi. Tumpang sari adalah sebilah kayu  yang terdapat disebelah kanan yang berfungsi sebagai tumpuan kawat.

3.    Pureut yaitu berbentuk sebuah paku yang mempunyai drat  yang berfungsi untuk menyetel kekencangan setiap kawat kecapi.

4.  Inaangsari ialah berbentuk seperti pion catur yang diatasnya biasanya ditempeli paku payung agar kawat tersebut tidak terbenam. Inang terletak dibagian kiri fungsinya sama dengan tumpang sari.

5.  Mataitik ialah tempat tertanamnya kawat kecapi kedalam imah kecapi. Disebut mata itik karena bagian ini biasanya dibenamkan mata itik agar kawat kecapi tidak ambals kebagian awak kecapi yang terbuat dari kayu.

Nah, itulah perkenalan kita mengenai kecapi Sunda walapun tidak sedetail jika langsung melihat kecapinya. Untuk selanjutnya saya akan membahas mengenai teknik dasar memainkan kecapi sunda. Baiklah, kita langsung saja ya, Sobat !

Teknik Dasar Memainkan Kecapi Sunda

Untuk dapat memainkan kecapi dengan baik tentu kita harus mengenal terlebih dahulu mengenai teknik-teknik dasarnya. Berikut ini adal teknik dasarnya :

1.   Teknik sinteruk-toel, teknik ini dilakukan  oleh dua jari  telunjuk yaitu jari telunjuk tangan kanan dan jari telunjuk tangan kiri.
  • sintreuk : jari telunjuk tangan kanan melipat ke dalam , dengan ujung kukunya       menyentuh pada kawat (dawai) dijentikan .
  • toel : jari telunjuk tangan kiri agak melengkung ke dalam sehingga ujung kuku menyentuh kawat (dawai).

2.  Teknik Jambret, teknik ini dilakukan oleh jari-jari tangan kanan seperti gerakan menjambret, yaitu membunyikan tiga buah nada secara bersamaan. Adapun jari yang bertugas dalam teknik jambret yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Sedangkan jari tangan kiri hanya ibu jari dan telunjuk. Teknik jambret biasanya digunakan untuk mengiringi lagu bertempo cepat (mars).

3.  Teknik dijeungkalan, teknik ini digunakan untuk mengiringi lagu.gerakannya hampir sama dengan teknik jambret. Yang membedakannya hanya cara memetik kawatnya saja.
Setelah memperlajari secara teori mengenai kecapi sunda, nah sekarang tinggal anda langsung mempraktikanya. 

Bagi anda yang berminat mempelajari kecapi sunda atau mungkin memperdalam untuk lanjutanya, saya akan membuat tips belajar kecapi sunda untuk pemula . tips ini berdasarkan pengalaman yang saya lakukan.

Tisp Belajar Bermain Kecapi Untuk Pemula :

     1.    Memiliki kecapi pribadi

Point pertama yang saya sarankan anda harus memiliki kecapi milik sendiri atau pun paling tidak adan teman anda yang rela meminjamkan kecapinya dalam waktu yang lama. Yang saya rasakan untuk alat musik memang harus milik sendiri karena kita akan sangat hapal letak-letak juga terbanngunnya secamam chemistry.

      2.    Mempunyai pembimbing

Kalau pun tidak sempat mengikuti kursus usahakan anda punya pembimbing khusus yang lebih mahir. Karena kalau hanya mengandalkan dari buku teori mungkin akan mengalami sedikit kesulitan.

3   3.    Belajar Dari Teknik Sedehana

Untuk pemula sebaiknya pembelajarannya diawali dengan teknik sederhana dulu, misalnya dari teknik mapay kawat. Setelah itu dilanjutkan dengan teknik gembyang.

4   4.   Membuat Jadwal

Secara khusus anda harus membuat jadwal tersendiri. Misalnya saja buat jadwal setiap hari harus meluangkan waktu lima menit untuk hanya memprakikan mapay kawat misalnya. Karena dari pengalaman saya belajar kecapi dengan menerapkan cara sesering mungkin bukan selama mungkin,  untuk belajar kecapi terasa perkembangannya.

      5.    Punya koleksi lagu-lagu kecapi

Maksud saya hanya untuk memotivasi atau mungkin untuk belajar dari para pemain kecapi professional yang sudah mahir bisa ini banyak di mp3 atau vidionya sudah banyak tersebar di youtube.

6   6.    Ulet dan Sabar

Saya rasa tidak ada metode yang dapat mengalahkan keluletan dan kesabaran dalam setiap proses pembelajaran. Karena kecapi memiliki kerumitan yang lumayan maka anda harus ekstra ulet dalam proses belajarnya. Ini saya alami ketika belajar kecapi, ketika tangan kanan jalan eh, tangan kiri malah kaku,hehe.

Sahabat pembaca blog yang baik hati hehe..rupanya sampai disini dulu ya, artikel sederhana saya yang membahas mengenai Teknik Dasar Serta Tips Belajar Kecapi Sunda Untuk Pemula. 

Saya yakin masih banyak yang tidak terdeskripsikan mengenai kecapi dalam artikel ini. Silakan anda dapat mengisi kolom komentar untuk saling berbagi pengetahuan.

Untuk teknik /cara Praktis untuk menyetem/melaras kecapi silahkan baca : Langkah-Langkah Cara Menyetem Kecapi Keberbagai Laras

Akhir kata semoga artikel sederhana ini tentang Teknik Dasar Serta Tips Belajar Kecapi Sunda Untuk Pemula dapat bermanfaat untuk kita semua. Semoga !


2 komentar untuk "Teknik Dasar Serta Tips Belajar Kecapi Sunda Untuk Pemula"