Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Serta Tips Belajar Saxophone Bagi Pemula

Teknik Dasar Serta Tips Belajar Saxophone Bagi Pemula - Sahabat , siapa sih, yang tak mengenal alat musik yang termasuk kedalam kelompok musik airrphone ini. Yap,. Betul sekali ! Kelompok alat musik aerophone berarti alat musik yang cara membunyikannya ditiup atau adanya peran udara yang dapat menghasilkan bunyi dari alat tersebut.

Alat musik yang satu ini ditemukan berkat kepiawaian seorang berkebangsaan Belgia dalam membuat alat musik.  Antonie Joseph Adolphe Sax adalah orang pertama yang menciptakan alat musik tiup Saxophone ini.

Ada 14 jenis saxophone yang dikelompokan berdasar pada pitch dan ukurananya. Misalnya saja ada , F contrabass, Eb Contrabass, F sopranino, C sopranino, Eb sopranino, F alto, Eb baritone, Eb alto, Eb tenor, Bb soprano, Bb basss, C soprano, C bass. Dan yang pertama dikenalkan oleh seorang composer kenamaan Hector Belioz yaitu saxophone berjenis C bass.

Teknik Dasar Serta Tips Belajar Saxophone Bagi Pemula
sumber gambar :pixabay,com

Pada perkembanganya alat msuik saxophone ini sebelum digunakan pada musik dansa, terlebihdahulu dipoluplerkan lewat iringan musik band-band militer. 

Kenapa saxophone mengalami perkembangan yang baiik, karena alat musik ini memiliki karakter suara yang nada yang halus, lembut dan mampu mengimbangi riuhnya suara dram dan trompet. Dengan dilakukanya beberapa penyempurnaan alat musik tiup ini akhirnya setelah 75 tahun mulai akrab dipendengaran para peninta musik jazz . sehingga keberadaan musik jazz sangat erat dan tak bisa dipisahkan dengan perkembangan alat musik saxophone ini.

Dan ternyata alat musik saxophone ini bukan termasuk alat yang musik tua, karena alat msuik tiup sperti bassoon, calarinet, flute dan oboe sudah ada jauh sebelum saxophone ini diciptakan. 

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai teknik dasar belajar saxophone untuk pemula.

Pembelajaran alat musik apa pun itu tentunya harus diawali dengan pengetahuan atau belajar teknik dasar terlebih dahulu. Baiklah, ada beberapa teknis dasar yang harus dikuasai oleh para pemain saxophone, diantaranya yaitu :

Teknik Dasar Cara Memainkan Saxophone.

1. Bearting (Penapasan)

Saxophone yang merupakan jenis alat musik yang cara membunyikanya ditiup maka teknik pertama yang harus dikuasai adalah teknik meniupnya. Kualitas tiupan tentu saja sangat erat kaitanya dengan teknik pernapasan.

Ketika kita sudah dapat memaksimalkan teknik pernapasan dengan baik tentunya saja akan berefek pada kemampuan memainkan alat saxophone dengan baik. Untuk dapat memaikan saxophone dengan baik tentu saja harus melakukan latihan pernapasan yang rutin dan teratur. 

Untuk mengasilkan tiupan yang baik, seorang saxophonist harus dapat melatih pernapasan   dengan menggunakan pernapasan perut (diafragma). Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan sehingga dapat melakukan control  pada saat melakukan tiupan.

Sebagai tambahan bahwa dalam paru-paru manusia terdapat dua ruangan ada yang disebut Chest chamber yaitu sisi atau bagian atas paru-paru yang digunakan untuk ketika bernapas dalam kondisi normal (sehari-hari)

Dan yan satunya lagi ada yang disebut dengan  abdominal chamber adalah merupakan  bagian di  bawah paru-paru yang mempunyai sebuah ruang yang lebih besar dari pada chest chamber.

Bagian ini dikendalikan diafragma . Nah pernapasan yang diambil dari paru-paru bagian 
bawah yang digunakan oleh pemain saxophone karena mempunyai kekuatan udara yang lebih  banyak dibandingkan dengan tiupan yang dihasilkan dari chest chamber . untuk pengambilan napas perut (diagframa) memang memerlukan latihan yang rutin dan intensif.

2. Embouchure

Dalam bahasa Perancis embouchure berarti mulut sungai. Teknik ini berguna untuk mengasilkan nada yang baik dan penguasaan mengendalikan saxophone yang baik.Teknik ini  menentukan suara nada yang baik atau buruk yang ditentukan oleh penempatan bibir, rahang,  gigi dan otot-otot mulut pada waktu mengalirnya udara lewat mouthpiece. Secara naluriah  atau dengan seringnya latihan sebenarnya kita akan  mendapatkan posisi yang baik untuk  menentukan letak reed di dalam rongga  mulut. 

3. Tongue ( teknik lidah)

Merupakan bagian teknik khusus dalam menggunakan lidah kita untuk memberikan atau  menghasilkan tekanan-tekanan tertentu melalui aliran udara ke mouthpiece.

Tips Bagi Pemula Untuk Belajar Saxophone :

1. Harus Memiliki Saxophone Pribadi 

Mengapa harus punya saxophnone sendiri ? untuk alat praktik musik sebaiknya ada memilik alat sendiri. Agar memudahkan anda untuk berlatih. Kapan pun anda mau berlatih  alat itu sudah tersedia. Lain cerita jika kita mengandalkan dari rental (sewa) atau dapat pinjam jelas akan membatasi jam atau waktu untuk berlatih. Saxophone banyak tersedia di toko- toko alat musik yang banyak pilhan kualitas dan harganya.

2. Memilik Buku Panduan

Untuk lebih menguasi materi atau teknik-teknik bermain saxophone sebaiknya anda juga memiliki buku belajar saxophone atau pun bisa berupa file pdf, Jadi dapat memahami teori-teori misalnya saja tentang, tangga nada saxophone, chord saxophone, kunci nada saxophone  alto, dll

3. Mengikuti Kursus

Untuk lebih memantapkan teori-teori yang didapatkan dari buku sebaiknya anda mengikuti kelas kursus (privat). Dengan bimbingan seorang instruktur yang lebih menguasai (professional) tentu hasilnya akan berbeda dengan hanya mengandalkan dari sebuah buku   saja.

4. Menetapkan Jadwal Khusus

Maksudnya walapun hanya lima menit dalam satu hari lauangkan waktu anda untuk sekedar meniup walaupun hanya satu nada. Saya jamin dengan menerapakan jadwal khusus dalam waktu relative singkat anda sudah mahir bermain saxophone.

5. Seringlah Mendengarkan Permaian Saxophoneist Terkenal

Sebaiknya anda memilki koleksi baik mp3 dll, luangkan waktu untuk mendengarkan atau menyimak apresiatif dari permainan saxophone terkenal. Hal ini jika dilakukan dengan rutin akan dapat memperkaya skil dalam permainan saxophone anda. Atau sekedar pembangkit semangat untuk dapat menyaingi pemain saxophone favorit anda.

6.Jangan Mudah Putus Asa

Setiap belajar apaun pasti akan menemui kesulitan, kejenuhan sehingga dapat menggoyahkan tekad anda untuk belajar. Bila hal ini terjadi perbanyaklah mendengarkan permainan saxophone dari idola anda.

Nah, demikian sahabat artikel sederhana tentang Teknik Dasar Serta Tips Belajar Saxophone Bagi Pemula. Semoga sedikit dapat menambah pengetahuan mengenai saxophone dan menjadi penyemangat bagi sahabat yang sedang belajar saxophone agar menjadi mahir dari tokoh saxophoneist anda. Dan semoga bermanfaat untuk pembaca blog ini terkhusus. Bagi anda yang ingin belajar menjadi Drummer, ataupun mempelajari Cajon silahkan selalu kunjungi arsismusik, ya !




Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Serta Tips Belajar Saxophone Bagi Pemula"