Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Serta Teknik Dasar Belajar Suling Sunda Untuk Pemula

arsismusik - Sahabat musik, untuk artikel kali ini saya akan menyajikan pembahasan mengenai tips serta teknik dasar belajar suling Sunda untuk pemula. Tips – tips yang saya sajikan adalah tips dari pengalaman saya pribadi dalam belajar suling sunda.

Macam-macam Suling Sunda
Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai tips-nya serta teknik dasar belajar suling Sunda, baik itu cara belajar suling sunda 6 lubang ataupun cara belajar suling sunda 4 lubang, alangkah bijaknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang seluk-beluk suling Sunda.

Baiklah,  alat musik tiup dari Jawa Barat ini terbuat dari bahan bambu (tamiang) yang memiliki ukuran relative. Saya sebutkan relative karena tidak ada aturan secara khusus untuk ukuran panjanya sebuah suling. 

Hal ini bisa saja diukur sesuai dengan ukuran gamelan atau alat musik lainnya yang digunakan. Namun ada beberapa ukuran yang paling sering digunakan antara lain ukuran : 54cm, 56cm, 57cm,58cm, 60cm,62cm.

Tips Belajar Suling Sunda Untuk Pemula
Sumber Gambar : wikipedia,org

Dilihat dari bentuknya suling Sunda dapat dikelompokan menjadi dua macam yaitu : suling degung yang memiliki 4 lubang nada, dan  suling kawih / tembang mempunyai enam lubang nada. Namun belakangan ini ada inovasi dari para seniman Jawa Barat dengan menciptakan suling sunda berlubang nada Sembilan yang jangkauan nadanya lebih luas mencakup nada-nada musik diatonic.

Sedangakan dilihat dari fungsinya suling dapat dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu : 1). Suling kawih 2) Suling tembang sunda dan, 3) suling degung.

Adapun cara penjarian untuk menghasilkan nada-nada pada suling lubang 4 (suling degung ) dilakukan dengan cara sebagai berikut :

-       Untuk menghasilkan nada 1 (da) : dengan cara membuka semua lubang nada suling
-       Untuk menghasilkan nada 2 (mi) : dengan cara menutup satu lubang dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 3 (na) : dengan cara menutup dua lubang dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 4 ( ti ) : dengan cara menutup tiga lubang dari atas

-       Untuk menghasilkan nada 5 (la ) : dengan cara menutup semua lubang nada suling

Sedangkan cara penjarian untuk menghasilkan nada-nada pada suling lubang 6 (suling kawih/tembang) untuk laras degung/pelog dilakukan dengan cara :

-       Untuk menghasilkan nada 1 (da) : dengan cara menutup tiga lubang dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 2 (mi) : dengan cara menutup empat lubang dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 3 (na) : dengan cara menutup semua lubang nada suling
-       Untuk menghasilkan nada 4 ( ti ) : dengan cara membuka semua lubang nada suling
-       Untuk menghasilkan nada 5 (la ) : dengan cara menutup satu lubang dari atas


Sedangkan cara penjarian untuk menghasilkan nada-nada pada suling lubang 6 (suling kawih/tembang) untuk laras madenda/ sorog 4= Tugu, dilakukan dengan cara :

-       Untuk menghasilkan nada 1 (da) : dengan cara membuka semua lubang nada
-       Untuk menghasilkan nada 2 (mi) : dengan cara menutup satu lubang dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 3 (na) : dengan cara menutup tiga lubang nada dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 4 ( ti ) : dengan cara menutup empat lubang nada dari atas
-       Untuk menghasilkan nada 5 (la ) : dengan cara menutup lima lubang nada dari atas
*catatan : untuk memainkan laras madenda/sorog biasanya dengan membiarkan lubang nada paling bawah terbuka atau ditutup setengah lubang.

Teknik Memainkan Suling Sunda

Dalam memainkan suling Sunda itu pada garis besarnya ada dua teknik yaitu :

a). teknik tiupan yang mencakup teknik tiupan tinggi (petit), teknik tiupan sedang, dan 
     teknik tiupan rendah (gebos)
b). teknik penjarian, yang mencakup leotan, bintih, kejet, wiwiw, puruluk, dll.

Nah, itulah sekilas pengetahuan tentang suling sunda. Untuk selanjutnya kita akan membahas  mengenai tips cara mudah belajar suling Sunda untuk pemula. Saya yakin setelah anda mengikuti tips ini akan dapat menjadi seorang pemain suling sunda professional .

Tips Belajar Suling Sunda Untuk Pemula:

     1.  Memiliki Suling
Untuk membuat anda leluasa sebaiknya anda memiliki suling milik sendiri, bukan dapat pinjam dari teman. Karena dengan memiliki suling sendiri anda akan leluasa untuk belajar, kapan pun anda ingin belajar suling tersebut sudah ada di dekat anda. Saya sarankan jika anda membeli suling untuk belajar sebaiknya sekaligus dalam
berbagai ukuran agar memudahkan anda untuk menirukan.

     2.  Membuat Jadwal Khusus
Sebaiknya anda membuat komitmen pada diri sendiri untuk dapat belajar suling secara terjadwal. Misalnya saja buat tulisan pada sehelai kertas setiap hari saya harus meniup suling sebanyak 20 kali, itu hanya sebagai contoh saja.  

     3.  Memilki buku panduan
Untuk buku panduan suling sunda sebenarnya tidak terlalu khusus karena setelah anda memahami susunan nada-nada pada suling secara tak terasa anda akan mudah menirukan lagu apa pun (Lagu kawih /tembang sunda).

     4.  Belajarlah dengan ulet
Modal belajar apa pun sebenarnya adalah dengan ulet , tekun dan rajin. Maka anda akan menjadi sukses. Begitu pun dengan belajar suling sunda, lakukan dengan ulet mulai dari teknik tipuan atau teknik penjarian. Awal-awal belajar memang akan terasa sulit terutama pada penjarian, namun saya yakin asal ada kemauan yang gigih semua itu akan teratasi

      5.  Senam Jari
Untuk melakukan senam jari biasanya saya menggunakan jeruk nipis yang diremas yang dilakukan sambil santai. Itu hanya untuk membantu saja. Sebenarnya dengan anda rajin memainkan suling secara alamiah jari-jari anda akan lentur tersendiri.


Rupanya cukup sekian dulu tulisan dari saya, mengenai Tips Serta Teknik Dasar Belajar Suling Sunda Untuk Pemula semoga artikel sederhana ini dapat membantu bagi anda yang berniat untuk belajar suling Sunda. Untuk menambah pengetahuan anda tentang silahkan baca juga 17 macam alat musik tiup tradisional dan modern

Tag :

Posting Komentar untuk "Tips Serta Teknik Dasar Belajar Suling Sunda Untuk Pemula"