Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memainkan Alat Musik Gambang Kromong Dari Betawi

Alat Musik Gambang Kromong 

Betawi merupakan salah satu etnis asli yang berada di Ibu Kota Indonesia yaitu Jakarta. Yang pada jaman Belanda terkenal dengan sebutan Sunda Kelapa kemudian berubah menjadi Jayakarta.

Bicara nama Betawi maka identik dengan kesenian tradisional gambang kromong, Ondel-ondel , kesenian tanjidor, keroncong tugu dan marawisnya.

Nah, untuk postingan kali ini admin arsismusik akan sedikit mengulas tentang alat musik yang digunakan pada kesenian gambang kromong.
alat musik gambang kromong
sumber gambar : pixabay.com

Alat musik gambang dari Betawi dimainkan dengan cara apa?

Alat musik gambang kromong dari Betawi ini dimainkan dengan cara dipukul dan digesek contohnya untuk alat musik gambang, kromong (bonang), kecrek, kempul dan gendang atau kendang. kemudian alat musik yang digesek yaitu Tehyan, konghayan.

Gambang kromong merupakan salah satu kesenian khas dari Betawi yang secara etimologis kesenian ini berasal dari sejenis alat musik gambang dan kromong.

Kesenian ini terlahir dari rasa toleransi kerukunan antara etnis pribumi dan etnis Cina, sehingga tidak aneh jika dalam kesenian tradisional Betawi terutama gambang kromong ditemukan berbagai alat musik tradisional dari etnis Cina. 

Eksistensi kesenian gambang kromong yang sampai saat ini lestari tidak lepas dari jasa seorang bangsa Cina yang bernama Nie Hoe Kong.

Lalu apa saja alat musik tradisional pada kesenian asal Betawi ini? Oke jika Anda penasaran , silakan baca tulisan saya ini ya !

Alat musik apa saja yang digunakan dalam musik gambang kromong :


1.    Gambang
Sesuai nama keseniannya yaitu gambang kromong alat musik yang digunakannya pun tidak bisa terlepas dari gambang. Alat musik gambang terbuat dari bahan kayu. Kayu yang digunakan untuk membuat gambang biasanya terdiri atas kayu jati, suanking, manggarawan, dan kayu huru batu.

Gambang dibunyikan dengan cara dipukul dengan menggunakan dua buah pemukul yang pada ujungnya terdapat bandul yang bundar semacam ban. Jumlah bilah nada gambang ada yang berjumlah 18 dan 20 buah dengan mengunakan laras atau susunan nada pentatonic laras salendro cina.

2.   Kromong
Kromong atau kemong adalah alat musik yang digunakan pada kesenian gambang kromong. Penampakannya tidak beda jauh dengan ragam bentuk bonang pada gamelan karawitan Sunda dan Jawa.

Bahan untuk membuat kromong ini dari besi dan ada juga yang berbahan dasar perunggu dan kuningan sari berjumlah 10 buah dengan mengunakan laras salendro.

3.   Kendang/ Tambur
Kendang terbuat dari kayu dan kulit. Kayu yang digunakan untuk membuat tabung kendang bisanya menggunakan kayu pohon nangka, sedangankan untuk kulitnya biasa mengunakan kulit sapid an kulit kerbau.

Alat musik kendang ini berfungsi untuk membawakan irama lagu dengan aksen-aksennya.

4.   Kecrek
Merupakan alat musik perkusi yang fungsinya memberikan aksen sesuai dengan hentakan pukulan kendang. Tanpa kehadiran kecrek musik gambang kromong terasa agak hambar. Kecrek ada yang terbuat dari lemabran besi atau perunggu dan kuningan.

5.   Kempul
Kempul merupakan alat musik yang cara membunyikannya secara dipukul yang tidak bernada. Bahan untuk membuat kempul ialah besi, perunggu dan kuningan. Ukurannya biasanya berdiameter 40cm /40cm.

6.   Gong
Walapun alat musik gong biasanya tidak terpisahkan dari alat musik kempul namun sengaja saya tulis secara terpisah karena mempunyai bunyi yang nge-bass dan berukuran lebih besar 3 kali dari kempul.

Sobat, demikian artikel saya mengenai cara memainkan alat musik gambang kromong dari Betawi. Sudah menjadi keawajiban kita sebagai anak bangsa untuk selalu menjaga dan melestarikan seni tradisional yang tersebar di bumi pertiwi ini.

Untuk sekedar menambah wawasan pengetahuan Anda silakan untuk membaca postingan saya tentang alat musik tradisional ataupun alat musik modern.

Semoga bermanfaat untuk kita semua. Semoga !

Posting Komentar untuk "Cara Memainkan Alat Musik Gambang Kromong Dari Betawi"