Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras

Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras - Kecapi merupakan salah satu alat musik Sunda yang mamainkanya  dengan cara dipetik. Alat musik kecapi memliki keunikan karena beberapa tabuhan pada karawitan Sunda dapat diramu oleh waditra yang memiliki bentuk hampir sama dengan sampek alat musik dari Kalimantan, Talindo alat musik dari Sulawesi ini.

Pembahasan pada artikel ini adalah lebih khusus pada teknik atau  cara menyetem kecapi siter ke berbagai laras pentatonic karawitan Sunda. Karena mengenai bentuk dan teknik memainkan kecapi telah saya bahas dalam postingan Teknik Dasar Memainkan Kecapi Sunda

Untuk dapat menyetem/ mengambil nada ke berbagai laras pada kecapi siter harus dilakukan dengan cara atau langkah-langkah yang benar. Selain pada mengandalkan feeling atau kepekaan pendengaran tentunya juga harus disertai dengan pengetahuan secara teoritis , agar lebih efektif.

Baiklah kita bahas bagaimana cara pelarasan kecapi siter secara teoritis ini. Pelarasan atau menyetem  senar kecapi pada suatu laras yang diinginkan. Misalnya saja ketika kondisi senar kacapi pada susunan nada Madenda 4=T terus mau kita rubah ke laras Degung 2=T maka ada beberapa senar kecapi yang harus kita rubah, baik ditinggikan/ditarikan (rentangan senarnya) atau pun di rendahkan / dikendoran. Jika kita belum tahu secara teorinya mungkin akan merasa kesulitan.

Secara garis besar bahasan tentang cara menyetem/melaras kecapi ke dalam berbagai laras akan dibagi menjadi dua pembahasan yaitu pelarasan / penyeteman satu tahap dan penyeteman dua tahap. Artinya ketika kita mengingikan suatu laras, senar kecapi ada yang dilakukan dengan satu kali perubahan dan ada yang dilakukan dua kali perubahan.

Contoh untuk pelarasan satu tahap ketika kita menyetem kecapi dari laras Degung 2=T (mi=Tugu) ke laras Madenda 4=T (ti=Tugu), sedangkan penyeteman dua tahap seperti ketika kita menyetem kecapi dari laras Degung 2 =T (mi=Tugu) kelaras  Madenda 4=T (ti=Tugu) kemudian menuju laras Madenda 4=P (ti=Panelu).

Pada artikel ini pembahasannya akan langsung menggunakan berbagai interval nada karawita Sunda, agar lebih mudah untuk dipraktikan. O. iya khusus pada pembahsan ini saya lebih fokuskan pada penyeteman pada larasan Salendro dan keturunannya.seperti laras Degung dan laras Madenda.

Sebagai bentuk tanda nada senar/kawat kecapi  ditingikan atau direndahkan dengan menggunakan tanda panah ke kiri untuk tanda senar kecapi direndahkan, sedangkan tanda panah ke kanan sebagai tanda nada ditinggikan.

1.   Cara Stem Kecapi Dari Laras Degung 2=Tugu,  ke Laras Madenda 4=Tugu
Beirkut ini cara melaras atau menyetem kecapi siter laras Degung  2 T ke Madenda 4=T adalah dengan cara meninggikan senar/kawat kecapi nada 3 (na) berikut oktafnya hingga mencapai nada 5  (la) pada laras Madenda. Jika dibandingkan  dengan laras gamelan pelog bunyi nada 3 (na)-4 (ti)- 5 (la) sebanding dengan bunyi nada da-mi-ni (1-2-3-) pada laras gamelan pelog .
Gambar :
Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras

2.   Cara Stem Kecapi Dari Laras Degung 2=Tugu,  ke Laras Madenda 4=Penelu
Untuk melaras atau menyetem kecapi dari laras Degung surupan 2=Tugu kepada laras Madenda surupan 4=Panelu adalah dengan cara meninggikan senar /kawat kecapi nada 4 (ti) berikut oktafnya hingga sama persis dengan suara nada 4 (ti) pada laras Madenda.
Gambar :
Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras

3.   Cara stem kecapi dari laras Degung 2=Tugu menajdi laras Madenda 4=Tugu dan Salendro 1=Tugu

Inilah yang disebut dengan instilah menyetem atau melaras kecapi dua tahapan. Karena ada dua tahap proses menyetem untuk menghasilan susuan nada pada laras tertentu. Untuk melaras atau menyetem kecapi dari laras Degung surupan 2=Tugu kepada laras Madenda surupan 4=Panelu adalah dengan cara meninggikan senar /kawat kecapi nada 4 (ti) berikut oktafnya hingga sama persis dengan suara nada 4 (ti) pada laras Madenda. Kemudian untuk menyetem dari Madenda 4=Tugu ke laras salendro yaitu dengan cara meninggikan bunyi nada 3 (na) beserta dengan oktafnya hingga sama persis dengan bunyi  nada 5 (la)  berikut oktafnya pada laras salendro. Kemudian  meninggikan bunyi nada 1 (da) berikut oktafnya hingga mencapi persis seperti  nada 3 (na) pada laras salendro.

Gambar :
Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras

4.   Cara Stem kecapi  dari Laras Degung 2=Tugu menjadi Laras Madenda 4=Tugu serta Laras Madenda 4=Tugu menjadi laras Degung 2=Galimer dan Madenda 4=Galimer.
     Gambar :
Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras


Untuk teknik menyetem kecapi dari laras Degung 2=Tugu menjadi Madenda 4=Tugu sudah dibahas pada point 1, berikutnya yaitu melaras/menyetem dari Madenda 4=T menajdi laras Degung 2=Galimer dan Madenda 4=Galimer caranya yaitu nada 4 (ti berikut oktafnya direndahkan hingga bunyinya sama persis dengan nada 4 (ti) pada laras Degung. 

Kemudian dari laras Degung 2=G  menjadi Madenda 4=G dengan cara meninggikan nada 3 (na) berikut oktafnya hingga bunyinya sama dengan nada 5 (la) pada laras Madenda 4=Galimer.

5.   Cara Stem Kecapi dari Laras Degung 2=Tugu menjadi Laras Madenda 4=Panelu dan Degung 2=Panelu ( Sorog).

Untuk cara stem laras Degung 2=T ke laras Madenda 4=Panelu telah dibahas pada poin sebelumnya kemudian sekarang adalah cara menyetem dari Madenda 4=Panelu menjadi laras Degung 2=Panelu caranya adalah dengan merendahkan kawat kecapi nada 5 (la) berikut oktafnya hingga bunyinya sama persisi dengan 3 (na) pada laras Degung 2=Panelu.

Gambar :
Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras

Demikian , artikel tentang langkah-langkah cara menyetem kecapi keberbagai laras Semoga artikel ini dapat sedikit memberikan pencerahan bagi yang sedang membutuhkan referensi mengenai cara stem kecapi sunda.


Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Cara Stem Kecapi Ke Beberapa Laras"