Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Memainkan Cajon Sampai Mahir

arsismusik. - Cajon atau kahon adalah alat musik yang termasuk kedalam kelompok alat musik  perkusi memiliki bentuk yang  tak ubahnya dengan sebuah kotak persegi. Alat musik yang dalam bahasa Spayol ini berarti kotak, cara bermain cajon yaitu dengan cara ditepuk atau dipukul menggunakan kedua belah telapak tangan. Alat musik cajon atau kahon ini mulai popular di Indonesia sekitar Tahun 2008.

Bentuk alat musik dram akustik ini adalah berbentuk sebuah kotak persegi terbuat dari bahan kayu tertentu misalnya kayu mahoni, flywood, jati atau kayu maple yang di dalamnya tertanam sebuah snar (kawat). Selain berbahan dasar kayu belakangan ini ada juga Cajon yang berbahan dari fiber. Ada juga yang sudah membuat cajon elektrik. tetapi fungsinya sama yaitu sebagai pengganti drum.


Konon alat musik Cajon  ini tercipta karena adanya larangan bagi kelompok masyarakat tertentu untuk memainkan alat musik oleh pihak kolonial.  Sehingga bangsa Afrika memanfaatkan kayu-kayu bekas untuk membuat sebuah alat musik alternative pengganti drum di masa itu.

Terlepas dari asal-usulnya bahwa sekarang ini Cajon merupakan sebauah alat musik alternative pengganti drum yang dapat digunakan dengan sangat praktis karena mudah untuk dibawa kemana-mana.

Walaupun keberadaan Cajon difungsikan sebagai alat musik pengganti dram (pada ansamble tetentu) saya rasa untuk memainkan alat musik ini tidaklah serumit memainkan drum. Hanya bermodalkan sedikit kemauan dan ketekunan saya jamin anda akan mahir memainkan alat musik Cajon ini.

Selain meminta bimbingan dari teman atau orang lain yang sudah mahir bermain cajon anda juga dapat mempelajarinya dari artikel artikel yang tersebar di internet. Atau anda dapat mengunduh video tutorial dari Youtube  cara memainkan alat musik cajon yang sudah banyak tersebar di internet. Membeli buku musik juga mungkin dapat dijadikan altenatif untuk belajar cajon. Saya rasa alat musik cajon dapat dipelajari secara otodidak.
Tips Cara Memainkan Cajon Sampai Mahir
sumbar gambar:google.com

Sahabat setelah anda mengenal alat musik perkusi akustik ini, sekarang saya akan menuliskan beberapa tips mahir memainkan cajon. Silakan anda baca dulu dengan cermat beberapa cara agar mahir memainkan cajon atau kahon ini, yang merupakan hasil wawancara saya dengan salah seorang pemain cajon professional :

Tips  Bermain Cajon Untuk Pemula

1. Memiliki Cajon Milik Pribadi

Untuk mencapai target mahir memainkan alat musik apa pun itu jenisnya saya selalu menyarankan agar anda memiliki alat musik milik pribadi. Begitu pun dengan Cajon. Hal ini menjadi penting karena dengan menggunakan cajon milik sendiri bukan dapat pijam dari teman atau rental anda akan memiliki kebebasan dalam menggunakan alat musik tersebut. Kapan pun anda ada waktu senggang cajon anda selalu ada. Karena kunci utama mencapai keahlian terutama untuk alat musik adalah seringnya anda memainkan alat tersebut. Makin sering anda memainkan cajon maka akan semakin cepat anda mencapai skil yang dibutuhkan.

Untuk tahap belajar, saya rasa Anda tidak perlu membeli cajon yang baru, hanya cukup membeli cajon bekas pakai tentu saja yang masih layak pakai. Walaupun sebenarnya sekarang ini harga cajon yang baru dengan kualitas menengah harganya realatif murah. Dengan uang 400 ribu, anda sudah dapat memiliki cajon yang baru.

2. Belajar Memperhatikan Tempo

Konsistensi tempo sangat diperlukan ketika bermain musik ansamble. Hal ini pun sama persis ketika anda bermain cajon terlebih cajon adalah alat perkusi yang fungsinya sama dengan drum. Tentu saja anda harus memperbanyak mendengarkan lagu-lagu kerena setiap lagu mempunyai karakter tempo yang berbeda. Cara melatih tempo sederhana saja anda ikuti saja sebuah iringan musik lagu tertentu.

 3. Fungsi Tangan

Karakter bunyi cajon secara umum itu ada dua yaitu bunyi snare drum dan bunyi bass drum. Nah untuk menentukan tangan mana yang bertugas untuk menepuk bagian bunyi snare dan tangan mana yang bertugas untuk menepiuk bunyi bass drum. Untuk suara bass drum itu mengikuti suara bass pada gitar sedangakan bunyi bagian snare itu mengikuti bagian ritme gitar.

3. Mendengarkan Lagu

Untuk penguasaan karakter lagu sebaiknya anda banyak mendengarkan lagu-lagu. Dengan catatan perhatian anda harus focus pada bagian drum. Setelah anda memperhatikan suara drum pada lagu tersebut kemudian putar ulang lagu tersebut kemudian anda ikuti atau tiru ketukan draum pada lagu tersebut. Lakukan latihan tersebut berulang-ulang.

4. Latih Kemampuanmu Bersama Teman

Untuk menjadi bahan evalusi tingkat pencapaian kemampuan Anda , sebaiknya ajaklah teman band anda untuk rutin melaksanakan latihan bersama. Nah, pada waktu tersebut mintalah koreksi atau kritikan pada teman Anda meneganai permainan cajon mu. Karena pada saat anda latihan sendiri di rumah akan berbeda ketika anda dibarengi dengan alat musik yang lain.


5. Berlatih Tekun dan Kontinue

Kontinuitas dan ketekunan sangat dibutuhkan dalam mencapai target apa pun itu. Sebaiknya jauhkan sifat mudah menyerah, perangilah sifat mudah bosan dan mudah menyerah. Yakinlah atas segala kemampuan yang ada pada diri anda
.

6. Eksplorasi Variasi Gaya Sendiri

Setelah anda memperhatikan permainan cajon yang sudah mahir atau professional selanjutnya anda juga dapat melanjutkan latihan ke tahap berikutnya tentu saja setelah anda menguasai teknik dasar bermain cajon. Cari dan temukan variasi pukulan yang sesuai dengan feeling anda. Untuk hal ini anda harus mengembangkan kretivitas anda sendiri jangan meniru yang sudah dilakukan oleh orang lain. Agar nantinya menjadi pembeda atau timbulnya identitas untuk permaian cajon anda. Yang akan bermuara pada munculnya keunikan motif pukulan yang hanya anda pemilik motif pukulan  tersebut.


Nah, saya cukupkan disini dulu pembahasan sederhana saya tentang tips cara memainkan cajon sampai mahir. Semoga setelah anda membaca artikel ini dapat membangitkan semangat untuk belajar alat musik cajon ini salah satunya. Terima kasih




1 komentar untuk "Tips Cara Memainkan Cajon Sampai Mahir"

  1. terimakasih juga sudah mampir di blog saya Mas Agung Priyadi

    BalasHapus