Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Senar Gitar Nylon dan Merk Senar Nylon Berkualitas


Tips Memilih Senar Gitar Nylon dan Merk Senar Nylon Berkualitas - Sahabat musik, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa untuk mendapatkan kualitas bunyi yang baik serta kenyamanan saat digunakanan dari sebuah alat musik yang kita pakai sangat ditentukan dari kualitas property yang digunakan pada alat musik tersebut termasuk pemakaian senar gitar nylon yang digunakan pada gitar-gitar akustik/ klasik.

Dibekali pengetahuan kita yang cukup mengenai berbagai merk senar gitar nylon yang berkualitas baik dan juga kepiawaian kita dalam memilih senar nylon yang baik tentu saja kita akan mendapatkan berbagai keuntungan salah satunya agar kita tidak terlalu sering mengganti senar gitar akibat putus ataupun kualitas bunyi yang sudah tidak jernih akibat dari penggunaan senar gitar nylon yang jelek.

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai tips memilih senar gitar nylon serta beberapa merk senar gitar nylon yang memiliki kualitas bagus. Silahkan dilanjut bacanya ya, sahabat musik.

Tips Memilih Senar Gitar Nylon dan Merk Senar Nylon Berkualitas
pixabay.com

Pahami Tentang Jenis Tegangan Senar Gitar
Memahami jenis-jenis tegangan senar gitar tentu saja sangat diperlukan oleh para pemain gitar, karena sangat berguna untuk membuat umur pakai senar gitar kita lebih lama dan juga beberap bagian gitar lainya seperti neck dan bidge gitar. 

Selain itu kita dapat menyesuaikan karakter permainan gitar kita, karena setiap jenis tegangan gitar memiliki karakter tersendiri.

Misalnya untuk jenis tegangan high tension, jenis high tension akan memberikan volume suara/ bunyi yang lebih besar baik itu ketika berfungsi sebagai rhtym atau fungsi lainya. 

Penggunaan jenis high tension akan berdampak kurang baik terhadap neck dan bridge terlebih ketika menggunakan gitar yang kurang berkualitas. Hal ini dikarenakan beban rentangan atau tegangan senar gitar yang terlalu kuat.

Selanjutnya jenis tegangan low tension dengan menggunanakan jenis low tension ini akan menghasilkan suara/ bunyi gitar yang rendah, sangat direkomendasikan untuk penggunaan teknik legato. 

Karena untuk teknik legato sangat tidak dianjurkan menggunakan tegangan frekuensi tinggi (high tension) , karena dapat menimbulkan buzzing (senar gitar bergetar kuat).

Yang ketiga yaitu jenis normal tension, untuk jenis tegangan ini berada  dikeseimbangan antara high tension dan low tension.

Memahami Ukuran Senar Gitar
Pemahaman seorang pemain gitar akan berbagai ukuran senar gitar yang kita gunakan ini tidak boleh dikesampingkan, karena akan berdampak pada karakter permainan gitar kita. 

Kalau kita tidak paham betul mungkin saja kita asal saja membeli gitar senar yang akhirnya dapat menurunkan performa skill kita. Untuk bereksplorasi kenyamanan sebaiknya kita mencoba dulu dari beberapa ukuran senar gitar seperti ;

Heavy untuk jenis senar kitar ini memiliki ukuran yang besar, akan memiliki karakter bunyi bervolume besar pula dann sustain menjadi lebih panjang. 

Penggunaan senar gitar jenis heavy ini akan berdampak pada rasa sakit pada jari dan pergelangan tangan (jika tidak terbiasa) terlebih jika kita menggunakan teknik bending.

Kedua adalah jenis ukuran senar gitar light senar jenis ini memiliki ukuran yang kecil. Memiliki karakter bunyi yang lebih kecil dan sustain lebih pendek (lemah) akan tetapi akan membuat jari dan pergelangan tangan tidak sakit (nyaman). 

Untuk yang memiliki jemari yang kecil sebaiknya menggunakan unkuran senar gitar jenis light.

Ketiga adalah ukuran senar gitar jenis medium (senar gitar sedang) jenis ini memliki karakter bunyi sustain sedang dan volume juga sedang. Sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki jari ukuran sedang.

Namun, kenyamanan penggunaan jenis ukuran senar gitar light, medium dan heavy itu kembali lagi pada unsure kebiasaan kita masing-masing. 

Sekedar untuk mencoba mencari kecocokan penggunaan ketiga ukuran senar sabaiknya anda mencoba dulu dari ketiga ukuran senar gitar tersebut.

Memahami  Bahan Dasar Senar Gitar

Tips memilih senar gitar nylon selanjutnya yaitu anda harus paham bahan dasar yang digunakan untuk membuat senar gitar tersebut. Karena komponen ini sangat berpengaruh terhadap warna bunyi/ suara pada gitar. 

Walau pun tidak harus mendalam pengetahuan kita akan bahan dasar yang digunakan untuk membuat senar gitar tersebut akan tetapi paling tidak kita dapat sekedar cek bahan pelapis (coating) yang digunakan pada senar gitar tersebut.

Setiap pabrikan pasti akan menerapkan standar yang berbeda , maka kita harus pintar-pintar memilih merk-merk senar gitar nylon yang tersebar dipasaran. Sesuai dengan warna bunyi gitar yang kita inginkan misalnya untuk warna bunyi balance, mellow, dan warna bunyi bright.

Tahu Merk Senar Gitar

Merk senar gitar nylon begitu banyak tersebar di pasaran hal ini harus membuat kita lebih jeli dalam memilih berbagai merk senar gitar tersebut. Selain adanya faktor pengalaman juga bisa juga harus didukung dengan pengetahuan akan standar kualitas sebuah senar gitar.

Sebenarnya mudah saja mengenali senar gitar yang berkualitas yang beredar dipasaran yaitu dengan harga, karena penggunaan bahan dasar dan proses yang benar-benar berkualitas maka para produsen akan mematok harga yang lebih tinggi dari merk senar gitar yang biasa-biasa saja. Misalnya saja senar gitar nylon merk laBela itu dipatok pada harga sekitar 1 s/d 1,2 juta.

Untuk melengkapi pengetahuan kita akan beberapa merk senar gitar nylon yang berkualitas baik  yang beredar di pasaran, yaitu diantaranya ;

1.   Savarez 500CJ,
2.   Martin m 160 Silverplated ball end,
3.   D’Addario Pro Arte
4.   Ernieball Earthwood
5.   Hannabach
6.   LaBela ,dll

Demikian bahasan tentang tips memilih senar gitar nylon dan merk senar gitar nylon yang berkualtas, akan tetapi beberapa tips yang telah saya tulis diatas semuanya kemali lagi pada kenyamanan dan faktor kebiasaan yang anda sukai. 

Dan untuk anda yang punya niaatan membeli gitar elektrik bekas pakai sebaiknya anda membaca ­­­­­­­­­­­­­­­­­agar anda mendapatkan gitar bekas pakai yang berkualitas.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahabat musik semua.

Somaga !

2 komentar untuk "Tips Memilih Senar Gitar Nylon dan Merk Senar Nylon Berkualitas"